Home » »

Assalammualaikum wrb.

Salam pramuka

 Kali ini kami dari DA PRASTIKA akan membahas tentang pramuka, khususnya di sekolah saya sendiri, dari pangkalan Kh.Hasyim Asy'ari dan Nyai Hj.Khatijah...sebelum itu mari kita mengenal dulu apa sih itu Pramuka?



Apa itu PRAMUKA?
Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama Organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.
Pramuka merupakan sebutan bagi anggota gerakan pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu pembina pramuka, Andalan pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.
Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsaIndonesia.


Tunas kelapa
Baik, Hari ini saya mau Membagikan beberapa Logo-logo atau lambang-lambang yang berada di kepramukaan jadi cuman nampilkan beberapa logo doang, , Oh Ia, saya juga akan kasih tau sedikit informasi tentang logo-logo tersebut.

Gerakan Pramuka
Berikut Penjelasannya, Lambang gerakan pramuka bertumpu pada Gambar Tunas Kelapanya, lambang ini diciptakan oleh bapak "Alm. Sumardjo Atmodipuro", Seorang pembina yang sangat aktif bekerja sebagai Pegawai tinggi departemen pertanian pada masa itu. Lambang ini sah digunakan pada tanggal 14 Agustus 1961. Berikut Penjelasan dan arti dari lambang gerakan pramuka :
    • Tunas buah kelapa digunakan sebagai lambang pramuka karena buah kelapa dalam keadaan tumbuh itu dinamakan "Cikal", dan istilah "Cikal Bakal" di indonesia berarti, Penduduk asli yang pertama yang telah menurunkan generasi baru. Jadi buah kelapa/Nyiur yang tumbuh itu mengandung kiasan bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
    • Buah Kelapa juga dapat bertahan lama dalam keadaan seperti apapun dan bagaimanapun juga, jadi lambang tersebut mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah seorang Rohaniah dan jasmani sehat, kuat, ulet, serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam kehidupan ini dan menempuh segala ujian yang diberikan kepada mereka, dan menyelesaikan segala tantangan dalam kehidupan untuk mengabdi kepada bangsa dan tanah air.
    • Kelapa dapat tumbuh dimana saja, inilah yang membuktikan besarnya dalam upaya menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya. jadi melambangkan, bahwa tiap anggota pramuka dapat menyesuaikan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.
    • Kelapa tumbuh menjulang lurus tinggi keatas dan merupakan salah satu pohon tertinggi yang ada di indonesia, yang melambangkan bahwa tiap anggota pramuka memiliki Cita-cita yang tinggi dan lurus yakni mulia dan jujur, dan ia tetap tegak tidak mudah terombang-ambingkan oleh sesuatu.
    • Akar kelapa tumbuh kuat dan erat dalam tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan, tekad dan keyakinan pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad yang digunakannya untuk memperkuat dirinya dalam menggapai sebuah cita-cita
    • Kelapa adalah pohon yang serba guna, dari ujung akar hingga ujung daunnya memiliki manfaat. jadi lambang itu mengkiaskan, bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna, dan membuktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia.
 
WOSM
Sekarang kita mengarah pada Lambang Kepanduan sedunia, yaitu WOSM : World Organization Scout's Of Movement, WOSM adalah organisasi kepanduan dunia yang diluar pemerintahan yang menaungi Organisasi Kepramukaan di Seluruh Dunia, WOSM didirikan pada tahun 1920 yang berpusat di Genewa, Swiss. WOSM didirikan oleh Bapak Pandu Sedunia, yaitu Lord Baden Powell. WOSM memiliki tujuan untuk mendidik kaum muda yang berasas pada "Janji Pramuka" Dan "Hukum Pramuka" sebagai sarana untuk membantu membangun dunia. Berikut penjelasan dari Lambang WOSM :
  • Kompas : Melambangkan sesuatu peringatan agar setiap anggota pramuka dapat dipercaya dalam melakukan sesuatu layaknya sebuah kompas yang selalu menunjukkan arah yang tepat, serta tetap menjaga cita-citanya dan perannya sebagai penunjuk jalan.
  • Treefoil/Bunga dengan tiga ujung : Yang melambangkan bahwa kepanduan memiliki tiga Janji/Asas, di Indonesia lebih dikenal dengan nama Trisatya.
  • Dua Bintang : Melambangkan Anggota Pandu/Pramuka berupaya untuk dapat memberi penerangan dalam Menolong dan Ilmu pengetahuan.
  • Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati : Melambangkan bahwa setiap pandu diseluruh dunia dapat menjalin persahabatan dan persaudaraan antar sesama dan bermasyarakat.
  • Warna Putih : Melambangkan Anggota Pandu yang berhati Suci dan Bersih.
  • Warna dasar ungu : Bahwa anggota pandu memiliki keterampilan, Kepemimpinan dan suka menolong orang lain
Berikutnya saya akan memberikan informasi dari Beberapa Satuan Karya (SAKA)....
Preview dari beberapa logo Satuan Karya.

 
SAKA KENCANA
 
SAKA WANABAKTI
 
SAKA DIRGANTARA
 
SAKA BAKTI HUSADA
 
SAKA BHAYANGKARA
 
SAKA WIRA KARTIKA
 
SAKA BAHARI

Nah disini saya akan akan menceritakan Pramuka dari pangkalan saya yaitu:

di pangkalan kami yaitu tingkatan penegak dan di penegak sendiri ada dua tingkatan yaitu Penegak BANTARA dan Penegak LAKSANA, namun di pangkalan kami masih tingkat Penegak BANTARA kami masih mencoba mengamalkan dasa Darma untuk meningkatkan kualitas dari setiap diri kami masing-masing untuk menjadi yang lebih baik lagi kedepannya....
namun saya tidak ingin membahas persoalan itu lebih panjang lagi, saya hanya ingin berbagi ilmu/informasi pramuka di pangkalan saya. Oke, kita mulai dari kepengurusan dan tugasnya...
Gerakan Kepramukaan ialah menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas-tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, yang sanggup bertanggung jawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional.

Untuk dapat mengefektifkan pelaksanaan tugas pokok tersebut Gerakan Pramuka menyusun dan menata organisasi gerakan pramuka dari tingkat Nasional, Daerah, Cabang, Ranting, sampai ke Gugusdepan.
1.    Jenjang Organisasi
Organisasi Gerakan Pramuka berjenjang sebagai berikut:
  • Anggota Gerakan Pramuka dihimpun dalam Gugusdepan-gugusdepan yang ada di wilayah Desa atau Kelurahan.
  • Gugusdepan-gugusdepan dihimpun di dalam Ranting yang meliputi suatu wilayah Kecamatan.
  • Ranting-ranting dihimpun di dalam Cabang yang meliputi suatu wilayah Daerah Tingkat II terdiri dari Kabupaten dan Kota.
  • Cabang-cabang dihimpun di dalam Daerah yang meliputi seluruh Wilayah Republik Indonesia.
  • Di Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dapat dibentuk Gugusdepan di bawah pembinaan pusat.
2.     Kepengurusan
  • Kepala Negara Rebuplik Indonesia adalah Pramuka Utama Gerakan Kepanduan Praja Muda Karana
  • Kwartir adalah pusat pengendali Gerakan Pramuka yang dipimpin secara kolektif oleh Kwartir yang terdiri atas para Andalan, dengan susunan sebagai berikut:
    • seorang Ketua
    • beberapa Wakil Ketua yang  merangkap sebagai Ketua Komisi
    • seorang      Sekretaris   Jenderal    (di Kwarnas)   atau seorang    sekretaris (di jajaran Kwartir yang lain)
    • beberapa orang anggota
  • Untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan Satuan Karya Pramuka (SAKA) setiap Kwartir membentuk Pimpinan SAKA dengan tugas mengusahakan dukungan meteriil dan finasiil untuk program-program SAKA, yang ketuanya adalah ex-officio adalah anggota Kwartir/Andalan.
  • Kwartir menetapkan Andalan Urusan yang dikelompokkan dalam Komisi-komisi yang bertugas mempelancar dan mengkoordinasikan pelaksanaan kebijaksanaan Kwartir, yang susunannya terdiri atas: Seorang Ketua, seorang Wakil Ketua, seorang Sekretaris yang dijabat oleh Staf Kwartir.
  • Kwartir menyusun suatu staf yang terdiri atas karyawan yang berkedudukan sebagai pelaksana teknis dan administrasi yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal (di Kwarnas)/Sekretaris ( di jajaran Kwartir yang lain).
  • Kwartir Harian
Apabila diperlukan masing-masing jajaran Kwartir dapat membentuk badan Kwartir Harian untuk melaksanakan tugas sehari-hari, yang terdiri atas:
  • Seorang Ketua, yang   dijabat oleh   salah  seorang Wakil Ketua Kwartir
  • Seorang   Sekretaris, yang   dijabat oleh Sekretaris                  (di Kwarnas)/Sekretaris (dijajaran Kwartir yang lain)
  • Beberapa anggota
  • Seorang Wakil sekretaris, yang   dijabat  oleh   deputi sekretaris Jenderal  (di Kwarnas)/Kepala  Sekretaris   Kwartir  (di Kwartir jajaran lainnya)
  • Seorang Pembantu Sekretaris, yang dijabat oleh Staf Kwartir
3.    Satuan Karya Pramuka (SAKA), Dewan Kerja, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT)
  • Satuan Karya Pramuka (SAKA) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan  minat, menggembangkan bakat, meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman para Pramuka dalam berbagai kejuruan .
  • Dewan Kerja adalah, badan kelengkapan Kwartir berfungsi sebagai wahana kaderisasi kepemimpinan dan bertugas membantu Kwartir untuk mengelola Pramuka Penegak dan Pandega, berkedudukan di Kwarnas (DKN), Kwarda (DKN), di Kwarcab (DKC),  dan Kwarran (DKR).
  • Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLATNAS), merupakan wadah pembinaan Anggota Dewasa, berkedudukan di Kwarnas (PUSDIKLATNAS), di Kwarda (PUSDIKLATDA), di Kwarcab (PUSDIKLATCAB).
4.    Majelis Pembimbing
Majelis Pembimbing (MABI) adalah badan yang bertugas memberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moril, organisatoris, materiil, dan finansiil.
5.    Badan Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka
  • Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka (LPK) adalah wadah independen yang dibentuk oleh Musyawarah Gerakan Pramuka dan bertanggungjawab kepada Musyawarah.
  • LPK Gerakan Pramuka bertugas untuk melakukan audit keuangan Gerakan pramuka dan menyampaikan hasil audit tersebut kepada Musyawarah.
  • Ketua LPK Gerakan Pramuka dipilih oleh Musyawarah Gerakan Pramuka.
  • LPK Gerakan Pramuka dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh Akuntan Publik.
  • Masa bakti LPK Gerakan Pramuka sama dengan masa bakti Kwartir atau Gugusdepan.
6.    Musyawarah
a.    Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka adalah forum tertinggi dalam Gerakan Pramuka.
b.    Acara pokok Musyawarah:
  • pertanggungjawaban Kwartir selama masa baktinya, termasuk pertanggungjawaban keuangan.
  • menetapkan Rencana Kerja.
  • menetapkan kepengurusan Kwartir untuk masa bakti berikutnya.
  • menetapkan Ketua BPK Gerakan Pramuka.
c.    Pimpinan Musyawarah adalah Presedium yang dipilih oleh musyawarah.
d.    Pelaksanaan Musyawarah:
  • Kwartir Nasional melaksanakan MUNAS dalam 5 tahun sekali
  • Kwartir Daerah melaksanakan MUNAS dalam 5 tahun sekali
  • Kwartir Cabang melaksanakan MUCAB dalam 5 tahun sekali
  • Kwartir Ranting melaksanakan MUSRAN dalam 3 tahun sekali
  • Gugusdepan  melaksanakan MUGUS dalam 3 tahun sekali
e.    Jika terdapat hal-hal yang luar biasa dan bersifat mendesak maka diantara dua waktu musyawarah dapat diadakan Musyawarah Luar Biasa.
f.    Untuk detailnya dalam hal Musyawarah, Rapat Kerja dan Referandum dapat dipelajari pada ART Bab IX, Pasal 63 s.d Pasal 103 (Kep.Ka.Kwarnas Nomor 203 Tahun 2009)
7.    Dewan Kehormatan
Dewan Kehormatan merupakan badan tetap yang dibentuk oleh Gugusdepan atau Kwartir sebagai badan yang menetapkan promosi dan sangsi dengan tugas:
  • Menilai sikap dan perilaku Anggota Gerakan Pramuka yang melanggar kode kehormatan pramuka atau merugikan nama baik Gerakan Pramuka.
  • Menilai sikap, perilaku, dan jiwa seseorang, yang terdiri atas unsur-unsur sebagai berikut:
    • Dewan Kehormatan kwartir diusahakan terdiri atas:
                    Anggota MABI, Andalan, Anggota Kehormatan, Anggota Dewan Kerja.
    • Dewan Kehormatan Gugusdepan, terdiri dari:
                    Anggota MABIGUS, Pembina gugusdepan, Pembina Satuan, Unsur Peserta didik.
nah, itu dia tugas dan wewenang dari masing-masing strukturnya....
beruikut saya tampilkn beberapa foto dari pangkalan saja untuk sekedar refresh saja.....
   



nah itu merupakan foto-foto sebagian dari kegiatan kami, sekian dulu...silahkan berikan masukan utuk website ini supaya kedepannya lebih baik lagi, terima kasih telah mengunjungi website ini.....
Salam pramuka

wassalammualaikum....

Featured Posts